Memperingati Hari Jadi Tidore ( HJT ) ke 910, Kesultanan Tidore Laksanakan Prosesi Ritual Adat Lufu Kie

Polres Tidore Kepulauan – Bertempat di Kota Tidore kepulauan, dalam rangka peringatan Hari Jadi Tidore ( HJT ) ke 910, dilaksanakannya kegiatan prosesi ritual adat Lufu Kie (Parade Juanga / Armada Perang ) Kesultanan Tidore dalam rangka peringatan Hari Jadi Tidore ( HJT ) ke 910.

Dalam kegiatan ini turut hadir pula yakni Jou Sultan Tidore H. Husain Syah dan Permaisuri, Walikota Tikep Capt. H. Ali Ibrahim. MH, Sekda Kota Tikep Ir. M. Thamrin Fabanyo, M.Tp, Forkopimda Kota Tikep, Asisten Sekda dan Staf Ahli Walikota, Pimpinan SKPD Kota Tikep, Para Bobato adat Kesultanan Tidore, Serta Undangan Lainnya.

Dalam kegiatan ini, beberapa formasi perahu juanga Tao Moi Semalofo yakni Juanga kagunga, Juanga Sangaji laisa, Juanga Sangaji laho, Juanga Gimalaha Marsaoly, Juaanga Gimalaha Tongowai, Juanga Gimalaha Tuguiha, Juanga Gimalaha Dokiri, Juanga Gimalaha Mare, Juanga Gimalaha banawa, Juanga Gimalaha Tomanyili, Juanga Gimalaha Tahisa, dan Juanga Gimalaha Gamtohe.

Dari info yang didapat, peserta yang mengikuti Prosesi tersebut sebanyak 42 peserta yang terdiri dari 12 Juanga Toa Moi Semalofo ( Armada Perang Kesultanan Tidore ) dan Selain Armada Laut Kesultanan Tidore tersebut, prosesi Parade Juanga (Lufu Kie) di meriahkan oleh partisipan Perahu Juanga dari masing masing Badan, Kantor, Dinas serta Kelurahan / Desa dalam Pemerintahan Kota Tikep berkisar -+ 15 Perahu Juanga dan 15 Speedboad yang masing masing dihias menggunakan janur dan umbul umbul.

Dalam kesempatan ini Walikota Tikep, Wakil Walikota Tikep, Walikota Ternate dan Jou Sultan Tidore selanjutnya menyampaikan sambutan yang secara umum yakni Sebagai upaya mempererat tali silaturahmi dan solidaritas Masyarakat Tidore yang berdomisili di Kota Ternate dan Kota Tidore maupun Daerah lainnya, serta sebagai sarana pemberitahuan bahwa saat ini Kebudayaan dan promosi wisata melalui momentum peringatan Hari Jadi Tidore (HJT) ke 910 telah di laksanakan Pemerintah Kota Tikep melalui Launching Festival Tidore.

Menjalin kerja sama yang baik dengan Pemerintah Kota Ternate dan Kesultanan Ternate didalam mengembangkan dan mempromosikan sektor pariwisata, seni dan budaya Tidore khususnya dan Maluku utara umumnya, dan kompleks Kadato Tidore yang saat ini berada di tengah Kota Ternate merupakan bagian dari Sejarah perjuangan Kesultanan Tidore yang patut di perhatikan dan patut di kenang dengan harapan agar semua pihak jangan melupakan Eksistensi Kadato Tidore.

Dalam sambutan ini juga disampaikan bahwa sebagai grand strategi Pemerintah didalam mendorong Pembangunan Daerah dengan harapan dapat di dukung oleh Masyarakat Tidore yang berdomisili di Ternate dan juga tidak terlepas dari harapan dukungan kepada Walikota Ternate yang Nota benenya adalah Warga Tidore yang berdomisili di Ternate.

Seperti yang diketahui, Prosesi Parade Juanga ( Lufu kie ) adalah merupakan salah Satu agenda tahunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Tikep dan Kesultanan Tidore dalam rangka memperingati Hari jadi Tidore. Prosesi tersebut dilakukan dengan mengelilingi Pulau Tidore, menyinggahi tempat keramat dan pembacaan doa dengan menggunakan Perahu juanga TAO MOI SE MALOFO ( Armada perang angkatan laut Kesultanan Tidore ) yang berjumlah 12 perahu, yang mana pelaksanaannya bertujuan sebagai ungkapan rasa syukur dan permohonan Doa kepada Allah SWT untuk keselamatan, Kesejahteraan dan kemakmuran Seluruh Masyarakat Pulau Tidore.

[metaslider id=9683]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *