Polres Tidore berhasil Amankan 1,010 Kg Ganja dan Ciduk 5 Pelaku

Polres Tidore KepulauanKepolisian Resor (Polres) Tidore Kepulauan ungkap kasus narkotika golongan I jenis Ganja yang akan diedarkan di wilayah Kota Tidore Kepulauan.

Pengungkapan kasus ini berawal dari informasi dari masyarakat yang diterima oleh petugas Polsek Oba Utara Polres Tidore tentang ditemukannya barang berupa tas yang tertinggal di sebuah speed boat di Pelabuhan Loleo pada tanggal 4 Maret 2018. Setelah dilakukan pemeriksaan maka ditemukan barang yang patut diduga narkotika jenis ganja yang terbungkus dalam kertas HVS. Kapolsek segera melaporkan temuan tersebut kepada Kapolres dan selanjutnya Satreskrim segera bergerak untuk mengembangkan kasus tersebut.

Berbekal hasil olah TKP dan pemeriksaan terhadap terhadap barang-barang yang ada di dalam tas maka penyidik berhasil mengamankan satu orang laki-laki dengan inisial AT (22 Thn) yang merupakan mahasiswa dan beralamat di Weda. Untuk pengembangan maka penyidik melakukan pemeriksaan secara intensif terhadap sdr AT dan berhasil mengamankan satu orang laki-laki dengan inisial BR (21 Thn) mahasiswa yang beralamat di Indonesiana. Kapolres Tidore Kepulauan Akbp Azhari Juanda,SIK didampingi Kasat Reskrim Polres Tidore Kepulauan Akp Naim Ishak, Kasubbag Humas Polres Tidore Kepulauan Iptu Hi. Jamal Salim,SH, Kasat Tahti Ipda Irwansyah menyampaikan bahwa hasil pengembangan dari kasus in, Polres Tidore berhasil mengamankan 5 orang pelaku dan BB Ganja siap edar seberat 1,010 Kg.

Kami butuh proses pengembangan lebih lanjut dan baru bisa disampaikan pada hari ini kepada publik, karena yang kami incar adalah pemasoknya, ungkap Kapolres.

Kapolres juga menambahkan bahwa upaya pengembangan yang dilakukan Satreskrim Polres Tidore mulai dari tanggal 4 Maret 2018 sampai dengan 11 Maret 2018, penyidik Satreskrim berhasil mengamankan 5 orang tersangka narkotika golongan I jenis Ganja dengan lokasi yang berbeda-beda.

Pelaku lainnya adalah sdr HH (laki-laki, 21Thn) yang beralamat di Goto, pelaku berikutnya adalah sdr MNM (laki-laki, 20 Thn) yang beralamat di Indonesiana dan pelaku yang terakhir yang berhasil diamankan adalah sdr FPD (laki-laki, 17 Thn) yang merupakan pelajar di Abe Pura Jaya Pura, dan sdr FPD adalah pelaku yang membawa ganja dari Jaya Pura ke Ternate dengan menumpang kapal laut. Sdr FPD menggunakan KM Labobar dan tiba di Pelabuhan Ahmad Yani Ternate pada tanggal 11 Maret 2018 pukul 17.00 Wit, dan langsung diamankan oleh Penyidik Satreskrim Polres Tidore. Setelah diamankan dan dilakukan pemeriksaan terhadap sdr FPD dan barang bawaannya maka ditemukan BB yang di duga Narkotika Jenis Ganja yang disembuyikan dalam Sound System Merk DAT EXpo Duo DT 1010 sebanyak 10 paket besar ganja kering. Selain itu, pemyidik juga mengamankan BB berupa 2 CD Player merek GMC, uang tuani Rp. 100.000, kartu Atm BRI dan HP Nokia Tipe 105.

Bahwa tersangka dan BB diamankan di Polres Tidore dan akan diproses sesuai hukum yang berlaku.

Kapolres menghimbau bahwa sekarang kita tidak bisa berdiam diri, dengan pengungkapan kasus ganja untuk yang kedua kali maka sudah dapat menyelamatkan beberapa generasi muda Tidore, kita tdak bisa membayangkan bagimana kalau sampai lolos. Apalagi rata” pelaku ini umurnya masih relatif muda-muda.

Kita sudah tidak bisa bermain-main lagi, ini sudah nyata, ganja sudah masuk ke Tidore. Kita tidak boleh apatis soal ini. Kalau ada yang mendapatkan informasi tentang ganja atau apapun maka segera melapor kepada kami, sekecil apapun informasi nya akan kami tindak lanjuti.Tegas Kapolres.

Selalu awasi anak-anak dan keluarga kita, dengan siapa mereka bergaul, kemana mereka pergi dan apa yang mereka lakukan di luar. Semua pihak harus peduli, baik orang tua, tokoh agama, pemuda, media, dan pemerintah daerah. Mari kita bersatu untuk memberantas narkoba di Tidore demi selamatkan generasi generasi muda kita,Kata Kapolres.

[metaslider id=8056]

Post Author: Ul Polres Tikep

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *